Keadaan Ini, Jokowi Akan Perkenalkan Bahan Menteri Baru di Istana

VIVA   –  Presiden Joko Widodo  berencana untuk  mengenalkan sejumlah menteri barunya ke hadapan publik, pada hari ini, Selasa, 22  Desember 2020. Walaupun belum secara rinci disampaikan, peristiwa itu telah terkonfirmasi oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Akhlak Hartono.

“Bisa cepat atau siang, ” kata Heru saat dikonfirmasi wartawan, Senin suangi, 21 Desember 2020.

Heru mengatakan, sebelum dilantik, rencananya Presiden Jokowi akan mengenalkan lebih dulu jajaran menteri baru, entah itu rotasi ataupun mengalami penguraian. Tentunya ini seperti menjadi konvensi Jokowi sebelum melantik di keadaan esoknya atau banyak disebut sebab berbagai kalangan, Rabu pekan tersebut.

“Tentunya akan diperkenalkan kepada publik sebab Bapak Presiden yang waktunya menyesuaikan waktu Bapak Presiden, ” ujar  Heru.

Sebelumnya,   isu perombakan kabinet makin cepat selama dua pekan belakangan sesudah dua menteri Jokowi yakni Edhy Prabowo dan Juliari P. Batubara tertangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bukan hanya dua menteri itu, dikabarkan pos menteri lain juga ikut diganti.

Bahkan disebutkan, menurut Ketua DPP Kelompok Kebangkitan Bangsa (PKB) Faisol Riza, akan ada enam posisi di kabinet yang akan terkena reshuffle oleh Presiden Joko Widodo. Tidak mati kemungkinan juga, jika nantinya mau ada lebih dari enam tanda yang terdampak reshuffle oleh Jokowi.

“Saya dengar ada enam posisi. Akan masuk orang-orang muda yang menambah dinamisnya kabinet, ” kata Faisol kepada wartawan, hari ini.

Baca juga:   Relawan Jokowi: Proses Hukum dengan Fitnah Gibran Terkait Bansos