Skandal Olahraga, Gol Tangan Tuhan Maradona Ditiru Messi dan Suarez

VIVA   –    Gol tangan Tuhan yang dicetak Diego Maradona di Piala Dunia 1986 menjelma salah satu skandal olahraga terbesar hingga saat ini. Maradona melangsungkan cara curang demi membawa Argentina menekuk Inggris 2-1.

Duel Inggris vs Argentina di Azteca Stadium, Mexico City, 22 Juni 1986 sempat berjalan keras. Hingga akhirnya, insiden terjadi pada menit 51.

Maradona sempat ingin membangun kerjasama secara Jorge Valdano. Menerima umpan Maradona, Valdano hendak melakukan teknik rainbow flick. Namun, tipuan tersebut dibaca dengan mudah oleh gelandang Inggris, Steve Hodge.

Bola hendak dibuang Hodge. Tapi, malah mengarah ke Maradona. Kiper Inggris kala itu, Peter Shilton, sadar akan agresivitas bola.

Karena posturnya lebih agung, Shilton sangat yakin bisa menjangkau bola. Namun, tiba-tiba Maradona melompat, tangannya dengan nakal menyentuh bola dan gol terjadi.

Wasit kala tersebut, Ali Bennaceur, mengesahkan gol Maradona, disambut dengan protes para pemain Inggris. Tapi, Bennaceur didukung oleh hakim garis yang menyatakan kesibukan Maradona sah.

Sudah laga, Maradona menyebut bahwa gol tersebut sedikit dicetak dengan kepalanya dan bagian lainnya dengan Tangan Tuhan. Hingga kini, istilah lulus Tangan Tuhan melekat pada lulus itu.

“Sekarang, aku bisa bilang apa yang tidak bisa saya katakan saat tersebut, yang disebut-sebut sebagai Tangan Tuhan. Tangan Tuhan yang luar natural, itu tangan Diego! ” membuka Maradona dalam otobiografinya, Yo soy el Diego.

[embedded content]

Ditiru Luis Suarez dan Lionel Messi

Aksi main Diego Maradona beberapa kali terjadi di sepakbola modern. Entah mencetak gol dengan tangan atau menahan bola dengan tangan agar tidak terjadi gol.

Salah satu aksi fenomenal Tangan Tuhan dilakukan bomber Uruguay, Luis Suarez di Piala Dunia 2010. Masa itu, Uruguay bertemu Ghana pada babak perempatfinal di Soccer City Johannesburg, Afrika Selatan, 2 Juli 2010.

Kedudukan ragu-ragu 1-1. Hingga di masa extra time, Ghana memiliki peluang 99 persen gol. Namun, tandukan lantaran Dominic Adiyiah dihalau Suarez secara tangan.

[embedded content]

Suarez menerima surat merah karena hal tersebut, & Ghana mendapat hadiah penalti. Namun, Asamoah Gyan yang maju sebagai eksekutor gagal menunaikan tugasnya. Suarez yang awalnya menutup wajah tepat melonjak kegirangan. Uruguay melaju ke semifinal usai menang 4-2 melalui adu penalti.

“Tangan Tuhan sekarang milik saya. Tangan saya adalah Tangan Tuhan dengan sebenarnya. Saya melakukan penyelamatan terbaik di turnamen. Terkadang, saat latihan saya berlatih sebagai kiper serta sekarang ini berarti, ” ungkap Suarez dilansir The Guardian.

Lionel Messi juga pernah melakukan aksi gol Tangan Tuhan. Itu terjadi dalam duel Barcelona kontra Espanyol dalam lanjutan LaLiga, 9 Juni 2007.

Messi mencetak gol dengan lengah ke gawang Espanyol dan disahkan oleh wasit. Persis dengan dilakukan Maradona di Piala Negeri 1986.

[embedded content]

Mau cakap skandal yang menyeret para atlet dunia lainnya?   Skandal Olahraga  akan hadir setiap harinya. Simak terus di VIVA. co. id.