Quick Count SMRC: Duet Lathifah-Didik Ulung di Malang

VIVA   –  Lembaga inspeksi Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyampaikan hasil hitung segera atau quick count di Pilkada Kabupaten Malang. Dari hasil quick count , pasangan bahan Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono dengan diusung PKB unggul dengan 44, 09 persen suara.

Pun, paslon Sanusi-Didik Gatot Subroto di posisi selanjutnya dengan 43, 75 persen suara. Lalu, bagian Heri Cahyono-Gunadi Handoko memperoleh 12, 16 persen suara.

Dari 200 Tempat Pemungutan Perkataan atau TPS, data sudah menyelundup 100 persen dengan total contoh suara sah 46, 753. Tengah itu, rata-rata batas of error quick count untuk dua calon dengan suara terbesar diperkirakan kurang bertambah 2, 23 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dari demikian, diperlukan selisih suara lebih dari 4, 46 persen atau dua kali margin of error agar bisa menyimpulkan pemenang Pilkada Kabupaten Malang menunjuk hasil quick count .

Sementara tersebut, selisih suara dua calon secara suara terbesar yaitu pasangan Sanusi-Didik Gatot Subroto dan Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono hanya 0, 34 persen.

Terkait quick count SMRC mengambil populasi dari seluruh pemilih yang datang ke TPS. Sampel dipilih dengan metode stratified cluster random sampling .

Terkait itu, Juru Kata Lathifah-Didik, Anas Muttaqin menyampaikan buatan dari hitung cepat cukup menggembirakan karena unggul.

“Hasil terbaru quick count SMRC hasilnya Alhamdulillah pas menggembirakan. Kita berada pada posisi leading, ” kata Anas, dalam keterangannya, Rabu 9 Desember 2020.

Anas optimistis karena keunggulan itu merujuk hasil data yang masuk sebesar 100 persen. Sebab, masa data 100 persen sulit berubah dan relatif stabil. Meskipun hanya unggul tipis dari paslon petahana, Sanusi-Didik.

“Kami sampaikan di posisi paslon nomor urut satu, Sanusi-Didik mendapatkan persentase 43, 75 persen. Selanjutnya paslon cetakan urut dua, Lhatifah-Didk memperoleh hasil 44, 09 persen. Dan sebab pasangan nomor urut tiga Heri-Gunadi mendapatkan persentase sebesar 12, 16 persen, ” jelasnya.  

Baca Juga: Legawa Hasil Quick Count, Ponakan JK Ucapkan Selamat ke Danny Pomanto