Pengadangan Polisi oleh FPI di Petamburan Timbulkan Kerumunan

VIVA   –  Saat penyidik Polda Metro Jaya melayangkan tulisan panggilan kedua kepada Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, Rabu, 2 Desember 2020 sempat ada pengadangan di Petamburan.

Tak bisa dipungkiri, imbas peristiwa ini wilayah Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat cukup ramai oleh massa partisan Habib Rizieq, termasuk FPI. Namun polisi memastikan kini suasana dalam sana telah kondusif dan tidak terjadi gesekan.  

“Benar saat ini para bagian dan simpatisan FPI sedang bergabung di sana (Petamburan III). Tapi situasi masih kondusif dan tadi tim penyidik yang sempat diadang pun sudah berhasil memberikan tulisan panggilan kedua itu, ” cakap Kapolsek Metro Tanah Abang, Komisaris Polisi Singgih Hermawan kepada wartawan, Rabu, 2 Desember 2020.

Polsek Metro Tanah Abang lalu mengimbau kepada massa FPI untuk tidak berkerumun di sana. Polisi juga menodong untuk tetap menerapkan protokol kesehatan tubuh guna mencegah penularan COVID-19. Petugas belum mengambil langkah terhadap kelompok tersebut. Polisi akan lebih zaman melihat kondisi di Petamburan.  

Sementara itu, Pemimpin RW 4 Kelurahan Petamburan, Andi Hasim menambahkan warganya khawatir dengan banyaknya orang tidak dikenal yang berkumpul. Sebab dikhawatirkan kembali memajukan kasus COVID-19.  

“Ini banyak orang yang bergabung, jadi kami khawatir akan terjadi lagi penularan COVID-19. Saya kacau, kalau saja warga kami ada yang tertular, ” kata Andi.

Sebelumnya diberitakan, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya sudah mengirimkan surat pemanggilan kedua kepada Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab (HRS). Peristiwa itu dibenarkan Kapolsek Metro Tanah Abang, Komisaris Polisi Singgih Hermawan.

“Ya kami dari Polsek mengantar tim penyidik Ditreskrimum Polda Metro ke kediaman Abu HRS, ” kata dia pada wartawan, Rabu 2 Desember 2020.

Surat pemanggilan kedua ini dirikim ke kediaman motor FPI itu yang ada di Jalan Petamburan III, Tanah Kakak, Jakarta Pusat. Pengiriman dilakukan hari ini.

Dalam transmisi surat kali ini, polisi kembali sempat diadang oleh para Laskar Pembela Islam (LPI). Hal sewarna diketahui juga terjadi pada Minggu, 29 November 2020 lalu era polisi mengirimkan surat panggilan baru ke sana.

Baca juga:   Polisi Jadwalkan Ulang Pemeriksaan Habib Rizieq tujuh Desember