Terpikat Narkoba, Ini Hukuman yang Menyambut Millen Cyrus

VIVA   –  Selebgram Muhammad Millendaru Prakasa Samudro alias Millen Cyrus terancam aniaya pidana penjara lima tahun atas kasus penyalahgunaan narkoba yang menjeratnya. Pasalnya, Millen dikenakan Pasal 114 Undang-Undang No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika buntut mengonsumsi narkoba jenis sabu.

“Kami persangkakan di Undang-Undang Narkotika Pasal 114, ” ucap Kepala Dunia Hubungan Masyarakat Polda Metro Hebat, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus di Markas Polda Metro Hebat, Rabu 25 November 2020.

Merujuk UU tersebut, pasal yang dikenakan ke Millen mempunyai dua ayat. Ayat pertama berbunyi ‘Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum  menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjelma perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan Narkotika Golongan I, dipidana dengan pidana penjara sebaya hidup atau pidana penjara paling  singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp1. 000. 000. 000, 00 (satu miliar rupiah) dan paling banyak Rp10. 000. 000. 000, 00 (sepuluh miliar rupiah). ’

Kemudian ayat kedua berbunyi, ‘Dalam hal perbuatan menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, menyerahkan, ataupun menerima Narkotika Golongan I  sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dengan dalam bentuk tanaman beratnya melebihi 1 (satu) kilogram atau melebihi  5 (lima) batang pohon ataupun dalam bentuk bukan tanaman beratnya 5 (lima) gram, pelaku dipidana dengan pidana  mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana tangsi paling singkat 6 (enam) tarikh dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana dam maksimum sebagaimana dimaksud pada bagian (1) ditambah 1/3 (sepertiga)’.

Namun, Yusri tidak merinci Millen dikenakan ayat pertama atau kedua. Kata Yusri, kini penyidik pusat mengebut menyelesaikan berkas perkara Millen untuk segera dilimpahkan ke Kejaksaan. Di sisi lain, polisi serupa masih memburu orang yang menyuplai sabu ke Millen.

“Penyidik sedang menutup bukti-buti untuk bisa menyelesaikan susunan perkara yang ada. Kasus ini masih berkembang. Kami masih dalami barang buktinya didapat dari mana, ” ucap dia.

Millen Cyrus, selebgram dengan utama juta pengikut di Instagram tersebut ditangkap bersama seorang pria berinisial JR di salah satu hotel di Kawasan Ancol, Jakarta Melahirkan, pada Minggu, 22 November 2020 pagi buta.

Polisi membuktikan, dari hasil pemeriksaan Millen mengaku dihubungi pria inisial OR & seorang teman perempuannya. Millen diperintahkan menemani JR di salah mulia hotel di kawasan Ancol.

Di kamar 820, Millen dan pria berinisial JR itu minum miras. Kemudian, pria OR mengeluarkan sabu-sabu. Millen bersama saudara perempuan OR secara bergantian menggunakan sabu-sabu tersebut di kamar mandi.

Saat ditangkap penjaga, dua orang pemasok sabu-sabu tidak lagi berada di kamar 820. Polisi akhirnya menangkap Millen Cyrus bersama pria JR, serta mengamankan barang bukti satu paket plastik sabu-sabu seberat 0, 36 rencana bruto, alat hisap sabu (bong) dan satu botol minuman beralkohol.

Millen dijerat pencetus 127 Ayat (1) huruf hirau Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman menyesatkan lama empat tahun penjara.