14 Tentara Rakyat Tewas di Quang Tri, 8 Lainnya Hilang

VIVA   –  Bencana tanah longsor terjadi pada provinsi Quang Tri, Vietnam sedang, Minggu 18 Oktober 2020. 14 personel Tentara Rakyat Vietnam (VPA) tewas sementara delapan lainnya habis dalam peristiwa ini.

Menurut laporan yang dikutip VIVA Militer dari The Straits Times , bencana desa longsor telah menimbun barak unit ke-4 Tentara Rakyat Vietnam dalam Quang Tri. 14 jenazah tentara Vietnam yang tewas itu saat ini sudah ditemukan. Sementara, delapan lainnya masih belum ditemukan.

“Kami kembali melewati suangi tanpa tidur, ” ucap Pengantara Menteri Pertahanan Vietnam, Letnan Jenderal Phan Van Giang.

Sementara itu, informasi lain yang dinyatakan pemerintah Vietnam menyebut dari sejumlah korban mati ada dua orang perwira agung berpangkat jenderal.  

Kami tidak pernah kehilangan begitu banyak anggota militer, termasuk dua jeneral dan pejabat tinggi dalam bencana alam , ” bunyi pernyataan pemerintah Vietnam lewat akun Facebook resminya.

Hujan deras yang mengguyur provinsi Quang Tri selama lebih dibanding sepekan, membuat ketinggian sungai Quang Tri mencapai titik tertinggi di dalam 20 tahun terakhir. Banjir mulia pun melanda Quang Tri, tengah bencana tanah longsor terjadi dalam sejumlah daerah di provinsi itu.

Dominasi penanganan bencana Vietnam dikabarkan telah status peringatan risiko ke tingkat tertinggi kedua, Minggi 18 Oktober 2020. Pemerintah Vietnam memperkirakan, kesengsaraan banjir dan tanah longsor masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Menangkap juga: Gawat, Moncong Rudal Hipersonik China Sudah Mengarah Taiwan