Tukar Uang Baru Pecahan Rp75

VIVA   –  Tercatat 133 orang yang sudah mendaftar mencuaikan aplikasi Pintar untuk mendapatkan Kekayaan Peringatan Kemerdekaan (UPK) Rp75. 000 di Provinsi Sumatera Utara. Penyulihan uang pecahan baru ini, melalaikan Bank Indonesia (BI) Kantor Peserta Provinsi Sumatera Utara.

Kepala Kantor Perwakilan (Kpw) BI Provinsi Sumut, Wiwiek Sisto Widayat mengungkapkan UPK dibuka pendaftaran pada hari pertama ini mendapat sambutan baik dari masyarakat. Namun, di sehari, pihaknya menyediakan 150 kuota.

“Tetapi apakah nantinya yang datang sesuai kuota yaitu 150 orang, kita belum cakap, ” ungkap Wiwiek dalam bertemu pers di Kantor BI Sumut di Medan, Selasa 18 Agustus 2020.

Baca juga: Uang Potongan Rp75 Ribu Dijual hingga Rp50 Juta, Ini Respons BI 

Wiwiek menjelaskan, untuk Sumatera Utara akan mendapatkan 3, 6 juta bilyet (lembar) uang pecahan Rp75 ribu dan akan disalurkan melalui 3 Kpw yaitu Kpw Medan 2 juta surat berharga, Kpw Pematangsiantar 900 ribu surat berharga, dan 700 ribu bilyet menggunakan Kpw Sibolga.

“Dari masing-masing kuota itu, akan kami salurkan juga lewat 5 bank yang sudah ditunjuk, di bibir melalui kami, ” sebut tempat.

Wiwiek mengharapkan, masyarakat menukar uang bagian baru dengan uang lusuh dengan dimiliki. Hal ini  bertujuan agar transaksi dilakukan sehari-hari dengan memakai uang lembar yang baik.

“Ini akan membantu saya menarik uang lusuh dari masyarakat, ” tutur Wiwiek.