NASA akan Kirim Helikopter ke Dunia Lain

VIVA   –  Badan Penerbangan & Antariksa atau NASA siap menggondol helikopter pertamanya, Ingenuity, di Satelit Mars. Helikopter ini akan dirilis pada Juli mendatang, yang ialah bagian Misi ke Mars 2020.

Dikutip dari kedudukan Space , Senin, 22 Juni 2020, Ingenuity hendak berada di dalam rover Perseverance yang akan membantu ilmuwan mengeksplorasi planet merah itu soal kemungkinan adanya kehidupan di sana.

Ingenuity bukanlah aktor sari, namun akan menguji kemampuan NASA dalam penerbangan perdananya di wadah selain Bumi.

“Saya bersemangat untuk mampu melihat helikopter terbang di negeri lain. Itu sesuatu yang belum pernah dilakukan dalam sejarah bani adam, dan kita akan melakukannya, ” ujar Administrator NASA, Jim Bridenstine.

Insinyur Ingenuity, Golok Aung, menjelaskan helikopter ini telah bekerja selama enam tahun. Tetapi, untuk ke planet Merah itu, Ingenuity melekat pada sisi lembah rover untuk melakukan perjalanan lama ke sana.

Itu akan tiba pada Februari 2021 dan akan mengalami tujuh menit penentuan keberhasilan pendaratan, seperti yang pernah dialami Curiosity NASA dalam 2012. Setelah berhasil maka helikopter akan terpisah dari rover.

Ketika landas, Ingenuity dengan Perseverance akan berada pada jarak 50 meter. Rover akan memantau helikopter terbang dengan 23 kamera bawaan di tubuhnya.

“Mengirimnya (Ingenuity) ke Mars dan mengeluarkannya dengan aman dari rover akan membuat kita mendapat banyak pelajaran. Kami serupa tidak berharap mendapat banyak timbal balik. Tapi kami ingin mengkaji hal pertama yang memang menetapkan dipelajari, ” tutur Mimi.

Helikopter Ingenuity akan melayani tiga kali penerbangan di Satelit Mars. Namun jumlah itu bisa juga berubah. Keduanya direncanakan meluncur dari NASA Space Center, Florida, AS pada 20 Juli, ataupun mereka bisa mengubahnya hingga 11 Agustus 2020.

Info menarik lainnya Data HK