Pertama Menteri Irlandia Langgar Aturan Negeri saat Pandemi COVID-19

VIVA   –  Perdana Menteri Irlandia dituduh melanggar petunjuk negara tentang pembatasan jarak baik (sosial distancing). Leo Varadkar terlihat bertemu dengan mitranya Matthew Barrett di Phoenix Park di Dublin, padahal negaranya sedang menerapkan pemisahan di tengah pandemi COVID-19.

“Perdana menteri berada di Taman Phoenix bersama rekannya Matt dan dua temannya pada Minggu sore kemarin, dan sesuai dengan pedoman kesehatan masyarakat. Dia berada dalam jarak 5km dari Stewards Lodge, tempat dia tinggal selama masa darurat, ” kata seorang juru bicara, seperti dilansir The Sun, Selasa 26 Mei 2020.

PM Varadkar beruang di Stewards Lodge selama beberapa minggu terakhir, karena memiliki biro yang aman dan fasilitas sesuai konferensi video yang memungkinkannya buat bekerja dari rumah.

“Sama seperti PM sebelumnya, tempat membayar biaya untuk menggunakannya, ” ujar jubir tersebut.

Pembatasan COVID-19 di Irlandia menyusun bahwa hanya empat orang yang boleh tinggal dalam satu rumah dan hanya dapat bertemu pada luar ruangan sambil tetap beruang dalam jarak dua meter utama sama lain. Meskipun Varadkar mengindahkan aturan, beberapa warga di media sosial menudingnya melanggar pedoman jeda sosial.

“Haruskah @LeoVaradkar mengundurkan diri karena perilakunya dengan aneh di Taman Phoenix hari ini, ” tulis soerang pengguna Twitter.

“Benar-benar langka. @LeoVaradkar di taman umum hari ini melanggar dasar aturan jeda sosial, ” ujar pengguna Twitter lainnya.

Sejak kemarin terungkap tambahan empat orang pasien meninggal akivat  COVID-19 di Irlandia. Kementerian Kesehatan setempat juga sudah mengumumkan 57 kasus baru. Zaman ini ada total 1. 608 kematian terkait COVID-19 dan 24. 639 kasus yang dikonfirmasi pada Irlandia.

Baca serupa:   Arab Saudi Longgarkan Kaidah Pembatasan COVID-19 per 28 Mei 2020